Jumat, 11 Desember 2009

HANDPHONE :bikin tema menggunakan creator

Trik sederhana ini tidak sengaja saya temuin saat lagi nye-can memory stick duo Sonny Ericsson W830i dengan menggunakan AV Avira. Ceritanya gini, seperti yang temen-temen tau file-file yang sedang diinterogasi ama om Avira bakalan muncul satu-satu di jendela LukeFileWalker. Nah pas giliran file dengan extensi thm yang merupakan file theme Sony Ericsson, file tersebut mendapat perlakuan yang sama seperti saat om Avira lagi nginterogasi file yang terkompresi kayak file zip dan rar. Itu artinya file thm sebenarnya merupakan kumpulan dari file-file yang di-pack atau dikompres ke dalam 1 file.

Sampai sini saya rasa temen-temen udah tau apa yang harus dilakukan. Ya tinggal ekstrak file thm tersebut kemudian edit gambar2nya di Photoshop setelah itu disatuin lagi. Mudahkan? Itu baru teorinya hehehe. Permasalahannya baru muncul ketika menyatukan kembali file-file tersebut. Karena ternyata file-file tersebut harus disatukan kembali dengan format tar. Format archive yang jarang ditemukan di lingkungan OS Windows (aslinya format ini digunakan di Unix/Linux) .

Kalo hanya sekedar mengekstraknya saja itu bisa dilakukan dengan WinRar (WinRAR yang saya gunakan versi 3.71). Tapi untuk menyatukannya kembali diperlukan program lain karena hal ini tidak bisa dilakukan WinRar dan kebetulan setelah googling saya menemukan WinTar. Jadi buat temen-temen yang pengen nyoba silahkan googling dulu cari aplikasi bernama WinTar terus download. Wintar yang saya pake versi trial yang bisa digunain selama lima hari setelah diinstal.

Setelah WinTar berhasil disedot buruan instal di komputer dan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Transfer file thm yang ingin diedit ke komputer. Letakkan di folder yang kita beri nama "Sample".

2. Jalankan Wintar dan setting seperti gambar di bawah, caranya klik Tools-->Global Options atau tekan aja tombol kombinasi Ctrl+Shift+Alt+


















3. Browse File thm tadi kemudian ekstrak.














4. Setelah langkah ke-3 dilakukan maka otomatis jendela Explorer akan terbuka dan menampilkan hasil ekstrakan tadi.














5. Sekarang tinggal edit gambar-gambar tersebut sesuai dengan keinginan kamu di Photoshop. Yang mesti kamu ingat, nama, ukuran dan format image jangan diubah atau diganti karena kalo kamu melakukan hal tersebut maka file xml juga harus diedit. Bakalan tambah repot kan??

6. Nah kalo gambar-gambarnya udah kamu edit. langkah berikutnya adalah menyatukan kembali gambar-gambar tersebut ke dalam format archive TAR. Caranya: Select All(Ctrl A)-->Klik Kanan-->WinTar-->Add to Archive. Kemudian akan muncul Save dialog box seperti ini.







Set seperti gambar diatas dan tekan OK. Kemudian muncul komfirmasi lagi seperti ini






Langsung aja tekan ok.

7. Kalo langkah ke-6 dikerjakan dengan benar maka akan muncul 1 file baru bernama "Sample.tar". Ubah extensi file tersebut dari TAR ke THM. Selanjutnya transfer ke hape dan liat hasilnya.







Cara diatas juga bisa diterapkan pada theme nokia S40 yang berekstensi NTH. Yang beda cuma format archivenya, kalo THM berformat TAR, NTH berformat ZIP. Tapi jujur untuk theme NTH saya belum nyoba karena hape yang bakal dijadiin kelinci percobaan ga' ada :D .

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

Pengikut

Arsip Blog

Daftar Blog Saya

Powered By Blogger