Rabu, 16 Desember 2009

KOMPUTER : Meningkatkan kinerja computer

Jika Anda ingin mencobanya jangan lupa untuk selalu mem-backup registry Windows Anda terlebih dahulu untuk menghindari kerusakan permanen pada Windows Anda. Maklum, kalau salah, mungkin cara satu-satunya yang paling jitu adalah menginstal ulang system operasi Anda.

1. Mengatur Contiguous File Allocation Size (semua versi Windows) Tweak ini akan meningkatkan kinerja aplikasi-aplikasi yang sering anda gunakan. Berikut cara melakukannya :
Buka registry Windows Anda dengan menjalankan Regedit dari menu Star>Run. Buka
HKEY_LOKAL_MACHINE\Sistem\Current controlset\Control\File system. Setelah itu tambahkan nilai ContigfileAlloSize pada DWORD (dengan cara klik kanan lalu pilih New>DWORD) dan isi dengan angka 200.

2. Membebaskan memori dari File DLL (semua versi Windows) File-file DLL selalu memakan tempat bagi memori. Bahkan ketika program yang menggunakan File-file DLL tersebut telah Anda tutup, Windows masih menyimpannya di memori. Untuk membebaskan memori dari File-file DLL tersebut lakukan hal-hal berikut :
Buka registry Windows Anda dengan menjalankan Regedit dari menu Star>Run. Kemudian cari dan buka key;.
HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrenVersion\Explorer. Lalu tambahkan string Always UnloadDll dan isi nilainya dengan 1.

3. Restart Tanpa Melakukan booting Ulang (Windows 9x/Me) Setiap kali selesai Menyunting registry, Anda harus mem-booting ulang computer dari awal. Tapi jika malas menunggu proses booting, Anda dapat membuat Windows untuk me-restart dirinya sendiri dengan cara menekan tombol shift ketika Anda memilih Restart pada menu Shutdown Windows.

4. Mengontrol Besar Disk Chace (Windows 9x/Me) Tweak ini dapat memaksimalkan kinerja memori. Untuk melakukannya, tambahkan garis berikut ini pada bagian [vcache] di file system. (folder Windows) sebagai berikut :
MinFileCache=0
MaxFileCache=4096
Sesuaikanlah besar MaxFileCache-nya dengan jumlah Ram yang Anda miliki sebanyak 25% dari besar RAM.

5. Meningkatkan kinerja Swap File (Windows 98) Jika Anda memiliki RAM berkapasitas besar (lebih dari 128MB), Anda tidak perlu lagi untuk mengatur swap file anda. Untuk meningkatkan kinerja swap file, Anda dapat menambahkan baris ConservativSwapFileUsage=1 pada bagian [386Enh] di File system ini pada folder Windows anda.

6. Mengoptimalkan L2 Cache (Windows NT).
Prosesor-prosesor high end generasi terbaru pada umumnya memiliki L2 Cache sebesar 256KB atau lebih. Jika prosesor anda juga memilikinya, Anda mungkin ingin mengoptimalkan L2 Cache prosesor Anda tersebut. Untuk itu lakukanlah dengan cara berikut :
Buka File registry Windows Anda. Kemudian carilah key berikut ini : HKEY_LOCAL_MACHINE\System\Current ControlSet\Control\SessionManger. Lalu tambahkan nilai DWORD bernama SecondLevelDataCache dan isikan angka 200.

7. Meningkatkan Partisi NTFS (Windows NT) Partisi NTFS Anda dapat ditingkatkan kinerjanya dengan cara menonaktifkan fungsi dari last Access Time Stamp. Hal ini dapat dilakukan dengan cara berikut ini:
HKEY_LOCAL_MACHINE\System CurrentControlSet\Control\FileSystem.
Selanjutnya buatlah nilai DWORD baru dengan nama NtfsDisableLastAccessUpdate dan aktifkan dengan mengisi nilai 1.

8. Mengaktifkan UDMA 66 Pada Chipset Intel (Windows 200) Apakah computer Anda mendukung UDMA 66? Jika, ya Anda harus mengaktifkannya agar dapat bekerja optimal dengan peranti computer Anda yang lain seperti harddisk atau CD-ROM yang mendukung UDMA 66. Caranya adalah sebagai berikut:
Buka file registry Windows Anda lalu cari dan temukan key berikut:
HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlset\Control\Class\4D36E96A-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}\0000.Setelah itu tambahkan Nilai DWORD yang diberi nama dengan EnabledUDMA66 dan isikan nilainya dengan angka 1.

selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

Pengikut

Arsip Blog

Daftar Blog Saya

Powered By Blogger